MENCURI ITU BAIK(?)


Mencuri itu mengambil sesuatu yang dimiliki seseorang tanpa diketahui oleh pemiliknya. Kata mencuri memiliki konotasi negatif. Sudah melekat dalam benak kita jika seseorang yang mencuri itu buruk.  Karena mencuri itu sangatlah egois, menjadikan sesuatu yang dimiliki orang lain menjadi milik diri kita.

Tetapi, dalam benakku terdapat ‘Mencuri’ yang baik. Terpikirkan ketika aku memasuki bangku kuliah, mengadakan diskusi, membuat sebuah forum. Apakah mencuri yang baik itu?  Mencuri ilmu, menurutku ini adalah mencuri yang baik. Sebab, ilmu yang terdapat di dunia ini begitu luas. Kita dapat mencuri ilmu-ilmu yang memang dirasa belum memiliki atau menguasai dari apapun itu. Baik sesama manusia, hewan, tumbuhan, bahkan benda mati sekalipun kita dapat mencurinya.

Sadar atau tidak sadar sarana untuk mencari ilmu begitu luas jika kita mau mencarinya. Bagaimana cara kita mencarinya? Bagiku, cukup dengan memperhatikan sesuatu apapun itu yang bermanfaat untuk diri kita. Salah satu pengalaman mencuri ilmu adalah ketika aku sedang menunggu ibu membeli sesuatu di pasar. Ada sepasang suami istri tunanetra, mereka mencari materi dengan cara berjalan di area pasar tradisional membawa sejenis radio dan bernyanyi. Suatu ketika ada seseorang yang memberikan mereka sebuah kotak yang berisi kue, perhatianku tetap terpusat kepada meraka. Mereka menepi duduk bersama kemudian meraba-raba kotak kue tersebut, sang suami memberikan kue kepada istrinya, mereka makan bersama saling berbagi agar sama-sama merasakan jenis kue yang terdapat dikotak tersebut. Senyuman ikhlas dari keduanya pun tak berhenti semenjak mereka mendapatkan kue tersebut hingga kue tersebut habis. Sudah berapa ilmu yang dapat kita ambil dari cerita singkat tersebut? Dengan memperhatikan sejenak saja kita dapat mencuri ilmu. Mari kita berlomba-lomba mencuri ilmu dari apapun itu, kapanpun dan dimanapun.

from google

Mencuri Ilmu

Ilmu adalah cahaya Rasulku bersabda
Cahaya itu…
‘Tak didapat bila ‘tak dicari
‘Tak bermanfaat bila ‘tak berbagi
Daripada mencuri harta
Lebih baik mencuri ilmu
Sebab ilmu ‘tak dapat ditukar dengan harta
Ikhlaslah mencarinya
Ikhlaslah menjaganya
Ikhlaslah memberikannya



Depok, 7 Juli 2017
RJM

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ajari Aku Cara Belajar

Fatamorgana Kemerdekaan Diri